Centang Biru Instagram: Arti, Manfaat, Cara & Biaya

Centang Biru Instagram: Arti, Manfaat, Cara & Biaya

centang biru instagram

Di era digital, centang biru di Instagram menjadi penting karena meningkatnya jumlah akun yang menyajikan informasi yang tidak benar atau akun palsu. Centang biru memberikan identifikasi visual yang jelas bahwa akun tersebut adalah akun resmi dari individu atau entitas yang mereka wakili. Hal ini sangat penting bagi para pengguna Instagram yang ingin mengikuti akun yang benar dan terpercaya.

Selain itu, di era digital marketing, Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer dan digunakan untuk berbagai tujuan, seperti promosi produk, meningkatkan brand awareness, dll. Keberadaan centang biru dapat membantu dalam meningkatkan kredibilitas akun yang digunakan untuk hal-hal tersebut dan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan.

Apa itu Centang Biru ?

Centang biru Instagram adalah tanda bahwa akun yang ditandai dengan centang tersebut adalah akun resmi dan terverifikasi. Ini berarti bahwa akun tersebut telah diakui oleh Instagram sebagai akun yang sah dan dipercayai. Akun yang ditandai dengan centang biru biasanya dipegang oleh individu atau organisasi yang terkenal atau memiliki jumlah pengikut yang besar.

Pengertian Centang Biru Menurut Para Ahli

Menurut sumber Wikipedia Centang biru atau lencana terverifikasi adalah lambang yang digunakan oleh situs web media sosial untuk menunjukkan secara visual bahwa suatu akun benar-benar milik orang yang hendak diwakilinya.

Tujuan Centang Biru

Tujuan utama dari centang biru di Instagram adalah untuk menunjukkan bahwa akun yang ditandai dengan centang tersebut adalah akun resmi dan dipercayai. Ini membantu pengguna Instagram untuk mengenali akun-akun asli dari individu atau organisasi yang terkenal, seperti selebriti, artis, atau perusahaan. Dengan memverifikasi akun, Instagram berusaha untuk mengurangi jumlah akun palsu atau akun yang dibuat untuk menirukan akun asli yang ada.

Selain itu juga memberikan keuntungan untuk pemilik akun yang di verifikasi seperti dapat membuat brand atau personal brand yang kredibel dan dapat mengejar kepercayaan dari pengikutnya serta dapat meningkatkan visibilitas akun mereka dalam pencarian Instagram.

Manfaat centang biru instagram

  1. Memperkuat Brand: Centang biru dapat meningkatkan kepercayaan pengikut dan memperkuat brand Anda.
  2. Visibilitas yang lebih baik: Akun yang terverifikasi cenderung muncul lebih sering dalam hasil pencarian Instagram, membantu lebih banyak orang menemukan akun Anda.
  3. Dapat meningkatkan jangkauan: Centang biru dapat meningkatkan jangkauan konten Anda kepada audiens yang lebih luas
  4. Konten yang lebih dipercayai: Akun yang di verifikasi cenderung dipercayai oleh pengikut dan konten yang di post oleh akun tersebut cenderung dipercayai lebih banyak oleh pengikutnya
  5. Mengurangi akun Palsu: Akun yang di verifikasi membantu Instagram dalam mengurangi akun palsu atau yang dibuat untuk menirukan akun asli yang ada.

Jenis

Centang biru di Instagram adalah tanda verifikasi akun yang diberikan oleh Instagram kepada akun-akun publik yang dianggap penting atau terkenal, seperti akun selebriti, akun brand atau perusahaan, akun media, atau akun organisasi. Centang biru ini menunjukkan bahwa akun tersebut asli dan dikontrol oleh pemilik akun yang sebenarnya.

Ada beberapa jenis verifikasi centang biru di Instagram. Ini termasuk:

  1. Verifikasi akun untuk individu: Akun milik tokoh masyarakat, selebritas, dan individu terkenal lainnya memenuhi syarat untuk verifikasi akun.
  2. Verifikasi merek untuk bisnis dan organisasi: Bisnis, organisasi, dan merek dapat mengajukan permohonan verifikasi untuk mengonfirmasi keasliannya.
  3. Verifikasi kreator untuk influencer dan kreator konten: Instagram juga memverifikasi akun kreator, ini untuk kreator yang berfokus pada pembuatan konten seperti video, foto, IGTV, reel, dll.

Setiap jenis verifikasi memerlukan kriteria yang berbeda, dan proses untuk melamar dapat bervariasi. Namun, secara umum, semua akun terverifikasi harus memenuhi standar keaslian tertentu dan harus aktif dan bereputasi baik di platform.

Strategi Centang Biru Instagram

Strategi “Centang Biru” di Instagram mengacu pada proses verifikasi akun Anda dan mendapatkan centang biru (atau lencana biru) di samping nama pengguna Anda. Ini adalah cara Instagram untuk menunjukkan bahwa akun Anda telah diverifikasi, yang biasanya berarti akun tersebut milik selebritas, figur publik, atau merek yang telah diautentikasi oleh Instagram.

Untuk mendapatkan centang biru di Instagram, Anda harus memenuhi kriteria berikut:

  • Memiliki profil yang lengkap dan terkini, termasuk foto profil, biodata, dan informasi kontak.
  • Aktiflah di platform, dengan posting dan keterlibatan reguler.
  • Miliki banyak pengikut, biasanya puluhan ribu.
  • Jadilah public figure atau brand yang dikenal di dunia nyata.

Jika Anda memenuhi kriteria ini, Anda dapat mengajukan permohonan verifikasi dengan mengunjungi pengaturan akun Anda, dan mengklik tombol Minta Verifikasi. Instagram kemudian akan meninjau aplikasi Anda dan memberi tahu Anda tentang status permintaan Anda. Namun, penting juga untuk dicatat bahwa itu tidak dijamin dan Instagram juga memiliki beberapa kriteria lain seperti tidak melanggar pedoman komunitas dan ketentuan penggunaan.

Tips Supaya Centang Biru Instagram

Selain centang Biru, praktik terbaik lainnya yang dapat membantu mengembangkan akun Instagram Anda, seperti:

  1. Konsistensi dalam jadwal posting Anda,
  2. Gunakan hashtag di postingan Anda,
  3. Terlibat dengan pengikut Anda dan akun lain di ceruk pasar Anda,
  4. Manfaatkan Instagram Stories dan IGTV untuk menampilkan konten di balik layar dan memberikan nilai lebih kepada pengikut Anda,
  5. Iklankan akun Anda di platform social media marketing lainnya, dan lainnya.

Cara Mengajukan Centang Biru Instagram

Setelah memenuhi kriteria ini, Anda dapat mengajukan permohonan verifikasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka profil Anda dan ketuk tiga garis di pojok kanan atas.
  2. Ketuk Pengaturan.
  3. Ketuk Akun.
  4. Ketuk Minta Verifikasi.
  5. Masukkan nama pengguna Anda, nama lengkap Anda dan berikan foto ID Anda.

Penting untuk diperhatikan bahwa Instagram tidak menjamin Anda akan diverifikasi, dan proses peninjauan perusahaan dapat memakan waktu beberapa minggu. Selain itu, pastikan akun Anda tidak melanggar pedoman komunitas dan ketentuan penggunaan mereka.

Perlu juga disebutkan bahwa memiliki centang biru tidak menjamin peningkatan pengikut atau keterlibatan, itu hanya simbol keaslian. Namun Anda tetap dapat menggunakan praktik terbaik yang telah saya sebutkan sebelumnya untuk mendapatkan lebih banyak jangkauan dan keterlibatan di akun Anda.

Kesimpulan

Secara umum, centang biru di Instagram digunakan untuk menandai akun yang telah terverifikasi. Akun yang terverifikasi dianggap sebagai akun resmi dari individu atau entitas yang mereka wakili, seperti publik figure, brand, atau organisasi. Ini dilakukan untuk menghindari akun palsu atau yang menyajikan informasi yang tidak benar. Pemilik akun harus mengajukan permohonan untuk mendapatkan status verified, dan harus menunjukkan bahwa akun tersebut merupakan akun resmi dari individu atau entitas yang mereka wakili. Memiliki centang biru juga membuat akun tersebut terlihat lebih terpercaya dan professional.

Secara keseluruhan, di era digital, centang biru di Instagram menjadi penting untuk menyaring informasi yang benar dan terpercaya, serta untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan dari akun yang digunakan dalam berbagai jenis bisnis atau promosi.

Untuk Anda yang sedang mencari jasa Digital Marketing, Anda bisa cek layanan digitalagency.id di
Demikian pembahasan mengenai Centang Biru Instagram: Arti, Manfaat, Cara & Biaya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Bagikan:

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar digital marketing langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave Your Comment