Tutorial Elementor Pro Untuk Membuat Halaman Website

apa itu elementor pro
Daftar Isi Konten

Cara termudah untuk membuat website dengan tampilan oke adalah dengan menginstal tema WordPress terbaik. (Cara ini tentu saja hanya berlaku untuk website berbasis WordPress). Namun, ada kalanya tema saja tidak cukup. Sering kali tema memberikan opsi kustomisasi terbatas.

Di titik inilah, Anda membutuhkan bantuan page builder. Dengan page builder, Anda bisa mendesain halaman web dengan lebih leluasa. Tak perlu tahu coding atau menguasai kemampuan teknis lainnya. Hal yang perlu dilakukan hanyalah menarik elemen web yang diinginkan dan menatanya sesuai keinginan (drag and drop).

Salah satu page builder yang sangat umum dipakai adalah Elementor. Tercatat ada dua juta pengguna WordPress yang memakai plugin ini di web. Di artikel ini, Anda bisa baca panduan lengkap cara menggunakan Elementor. Anda bisa temukan informasi lengkap soal apa itu elementor, kelebihan dan kekurangannya, elemen web apa saja yang bisa dibuat, dan tentunya cara menggunakan elementor itu sendiri.

Artikel ini akan sedikit panjang. Jadi, tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Apa itu Elementor?

Elementor adalah sebuah plugin untuk situs WordPress yang berfungsi untuk mendesain tampilan website dengan mudah dan tanpa pengetahuan coding. Dengan Elementor Pro, kamu dapat mengubah atau membuat layout, header, footer, popup, dan widget untuk website kamu.

Elementor Pro menyediakan 300+ template yang dibuat oleh desainer website profesional. Selain itu, kamu juga dapat melakukan responsive editing untuk mengatur bagaimana website kamu ditampilkan pada perangkat dengan ukuran layar yang berbeda seperti laptop, PC, smartphone, dan tablet.

Kamu juga dapat mengakses WooCommerce Builder yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan dan meningkatkan fitur toko online kamu.

Apa yang Bisa Anda Buat dengan Elementor?

Sebelumnya disebutkan, Elementor bisa dipakai untuk mendesain setiap halaman pada website. Namun, apa saja tepatnya yang bisa dibuat dengan Elementor? Berikut jawabannya:

  • Landing pages ─ halaman khusus untuk mengajak pengunjung agar melakukan aksi tertentu. Entah itu dengan mengisi formulir, subscribe website, ataupun melakukan transaksi untuk produk atau layanan.
  • Opt-in forms ─ formulir khusus yang disediakan untuk pengunjung. Dengan mengisi nama dan alamat email, pengunjung bisa mendapatkan akses konten premium atau langganan website. Anda bisa letakkan opt-in forms di mana saja Anda mau: sidebars, header, footer, atau di konten itu sendiri.
  • Widget ─ berbagai elemen tambahan untuk melengkapi fungsi halaman. Semisal, login form, rekomendasi konten sejenis, peta, dan sebagainya. Baca juga rekomendasi widget terbaik untuk website WordPress.
  • Pop-up ─ pesan atau iklan promosi yang muncul secara tiba-tiba ketika membuka website.
  • Custom header and footer ─ elemen yang berisi identitas dan informasi spesifik seputar website. Terletak di bagian atas web (header) dan paling bawah (footer).
  • Custom post types ─ pada dasarnya merupakan halaman konten biasa. Dengan Elementor, halaman konten tersebut bisa disesuaikan tampilannya menurut keinginan.
  • Global widgets ─ widget yang bisa didesain sekali dan digunakan pada bagian-bagian web sekaligus.

Banyak sekali, bukan? Kalau Anda menginginkan satu solusi mudah untuk desain web, sudah tentu Elementor jawabannya. Cara memakainya mudah. Pun, ada banyak kustomisasi yang bisa dilakukan.

Fitur Widget di Elementor Pro

Elementor-Pro-Basic

Tampilan di atas adalah beberapa basic elements yang tersedia di Elementor Pro. Basic elements yang disediakan Elementor (free) mencakup berbagai kegunaan yang lengkap untuk membangun sebuah website.  Kamu bahkan dapat menambahkan titik lokasi bisnismu ke website menggunakan widget Google Maps.

Elementor Pro Widget

Sedangkan untuk Elementor Pro, kamu mendapatkan beberapa widget tambahan untuk fitur kustomisasi lanjutan. Di antara widget di atas, beberapa yang paling menarik adalah fitur daftar harga, loginCTAcountdownreview, formulir, dan carousel untuk testimonial.

Elementor Pro dibanderol dengan harga langganan mulai dari Rp650 ribu per tahun untuk digunakan pada satu website. Memang, biayanya lumayan besar jika dibandingkan dengan plugin lainnya.

Dengan semua fitur yang tersedia, kami sangat merekomendasikan Elementor untuk kamu yang tidak ingin pusing memikirkan aspek teknis dalam membuat website dengan tampilan menarik.

Tutorial Elementor Pro

Membuat Page

Mari coba membuat sebuah halaman dengan page builder dari Elementor dengan langkah berikut.

  • Pilih menu Pages, kemudian klik Add New

Pages-Add-New-Elementor-Pro

  • Pilih Edit With Elementor

Pages-Add-New-Elementor-Pro

  • Kamu akan melihat tampilan Elementor editor seperti di bawah ini:

Edit Elementor Pro

Dari sini, kamu dapat mengeksplorasi fitur-fitur yang disediakan oleh Elementor. Tombol yang berada di panel sebelah kiri layar adalah elemen-elemen yang dapat kamu gunakan untuk menata layout website. Mari kita bahas lebih lanjut kegunaan masing-masing elemennya.

Menambahkan Headings atau Judul di Elementor

Menambahkan-Headings

Jika kamu ingin menambahkan heading ke sebuah halaman website, kamu dapat menggunakan fitur Heading dengan cara drag-and-drop ke bagian halaman website yang diinginkan.

Menambahkan teks di Elementor

Menambahkan-Text Elementor-Pro

Untuk menambahkan teks pada Elementor, kamu dapat memilih widget Text Editor dan drag ke bagian halaman website yang diinginkan.

Menambahkan Gambar

Untuk menambahkan gambar, pilih widget Image. Setelah kamu menarik tombol Image ke halaman website, kamu dapat memilih gambar yang ingin digunakan. Tampilannya akan terlihat seperti ini:

Menambahkan-Gambar

Di bagian ini, kamu perlu mengunggah gambar yang diinginkan. Kamu juga dapat mengatur ukuran, caption dan posisi gambar dengan bebas.

Nah, ketiga hal di atas mungkin adalah beberapa hal mendasar yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan Elementor Pro. Tentunya, ada banyak fitur lainnya yang dapat kamu jelajahi untuk membangun tampilan sebuah halaman website yang cocok dengan tujuan yang ingin dicapai.

Kesimpulan

Elementor adalah sebuah plugin pembangun website yang memudahkan kamu dalam mengatur tampilan website dengan fitur drag-and-drop. Selain itu, banyak fitur lain Elementor yang sangat membantu kamu dalam membangun tampilan yang menarik dan fungsional untuk website kamu.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin Anda juga ingin baca: